Masjid Jami’ At-Taqwa Pasir Konci, Cikarang Selatan

Masjid Jami’ At-Taqwa beralamatkan di Desa Pasir Konci, Kecamatan Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat. Untuk menuju areal masjid ini dari jembatan layang yang ada di depan pintu tol Cikarang Barat / Lemah Abang kita harus belok kiri ke arah Lippo Cikarang. Kemudian setelah jembatan tol tersebut ada sebuah gang kecil di sebelah kiri. Lalu tinggal ikuti saja jalan tersebut 200 meter-an dan anda akan sampai pada Masjid At-Taqwa yang lokasinya berada di kiri jalan.

Masjid Jami’ At-Taqwa Pasir Konci, Cikarang Selatan

Jalan masuk atau pintu gerbang untuk masjid ini hanya untuk satu kendaraan roda 4, sehingga jika ada 2 kendaraan yang berpapasan, salah satunya harus mengalah terlebih dahulu.

Pembangunan Masjid Jami’ At-Taqwa Pasir Konci

Jika kita melihat prasasti yang dipasang di tembok sebelah utara didalam masjid, dijelaskan bahwa bangunan Masjid Jami’ At-Taqwa Pasir Konci ini diresmikan pertama kali pada tanggal 5 Juli 1995. Peresmian dilakukan oleh Camat Lemahabang, Drs. H. Bachrunil Kusnadi, Sedangkan pembangunannya didanai oleh para masyarakat dengan donatur utama adalah H. Kanan.

Masjid yang terletak di pinggiran tol Cikampek – Jakarta ini dibangun dengan sangat luas. Memiliki arsitektural khas Nusantara Indonesia, dengan ciri khas 4 soko guru sebagai penopang bangunan atapnya.  4 soko guru tersebut dibuat dengan desain persegi empat yang kokoh dan menjulang dibagian tengah-tengah masjidnya.

interior Masjid Jami’ At-Taqwa Pasir Konci, Cikarang Selatan

Seluruh halamannya yang juga difungsikan sebagai areal parkir juga dilapisis dengan paving blok, kemudian beberapa pohon rindang juga ditanam di kawasan tersebut. Atap masjidnya dibentuk dengan desain limasan (joglo) bersusun tiga, yang juga menjadi sebuah ciri bahwa masjid tersebut sudah lumayan berumur. Pada puncaknya diberikan ornamen bulan sabit yang terbuat alumunium.

Seperti mayoritas masjid tradisional di Nusantara kita, Masjid Jami’ At-Taqwa Pasir Konci ini juga tidak memiliki 1 pun menara masjid. Pengeras suara justru dipasang dibagian celah antara atap limas pertama dan kedua, sehingga suara adzan tidak dapat terdengar dari kejauhan.

Dua Gerbang pada masjid ini senantiasa ditutup dibukan waktu sholat, karena terletak dipinggir jalan raya, bukan tidak mungkin pencurian dapat terjadi sewaktu-waktu, karena saat ini pencuri tidak memandang lagi target mereka.

Halaman depan yang difungsikan sebagai lahan parkir tersebut terkadang juga difungsikan sebagai tempat tambahan untuk sholat. Event seperti ini kerap datang pada saat datangnya sholat hari raya idul fitri dan idul adha, dimana seluruh warna Cikarang Selatan berkumpul di masjid ini.

Kegiatan Masjid Jami’ At-Taqwa Pasir Konci, Cikarang Selatan

Berbagai kegiatan keagamaan turut dilakukan di Masjid Jami’ At-Taqwa, Pasir Konci, Cikarang Selatan ini. Karena tentu saja selain bangunan masjid difungsikan sebagai tempat untuk sholat lima waktu, sholat jum’at, juga dijadikan sebagai pusat untuk sholat 2 hari raya, serta berbagai perayaan hari besar islam lainnya.

Setiap ba’da maghrib, kita bisa melihat banyak sekali anak-anak yang belajar mengaji di bagian teras masjid di sisi timur. Pembelajaran diteras ini juga bertujuan agar udara menjadi lebih fresh, dan anak-anak juga tidak mengganggu orang-orang yang masih berdzikir setelah sholat maghrib.

Lalu, bangunan sebuah Madrasah Ibtidaiyah At-Taqwa juga didirikan di dekat bangunan utamanya, sebagai fasilitas untuk anak-anak agar belajar ilmu umum dan ilmu agama. Sehingga pada pagi hari khususnya, banyak anak-anak yang juga turut ramai melakukan aktifitas sholat dhuha di masjid ini. Hal ini dilakukan untuk menumbuhkan rasa senang terhadap sunah-sunah Rosulullah SAW sejak dini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *