Masjid Jami’ Baitul Amanah Cariu

Kota Bogor terkenal dengan sebutan Kota Hujan. Hal tersebut dikarenakan suasana di Bogor sangat sejuk dan berada di dataran yang tinggi sehingga hampir setiap harinya Bogor selalu gerimis. Meskipun demikian, kota Bogor selalu menjadi salah satu pilihan para wisatawan untuk menghaiskan waktu liburannya. Selain suasana yang begitu adem, Bogor juga memiliki tempat wisata alam yang tak kalah menarik. Serta banyaknya beragai menu makanan yang begitu menggugah selera disekitar jalan wisata alam. Ditambah dengan berbagai jajanan dan oleh-oleh dari kota Bogor yang selalu membuat para wisatawannya ketagihan. Selain memiliki keindahan alam serta menu yang beraneka ragam, Bogor juga memiliki sebuah tempat beribadah umat muslim yang terkesan megah dan tetap ramai dikunjungi oleh para jamaahnya. Masjid tersebut adalah masjid Jami’ Baitul Amanah Cariu.

Masjid Jami’ Baitul Amanah Cariu

Lokasi masjid tersebut berada di Tegal Panjang, Cariu, Bogor Jawa Barat. Tempatnya cukup strategis dan berada di tikungan sehingga membuat para jamaah yang berjalan kaki ataupun berkendara yang akan memasuki atau keluar dari masjid Jami’ Baitul Amanah harus lebih berhati-hati. Karena ruas jalan tersebut tidak pernah sepi dari setiap kendaraan yang lewat setiap harinya. Maka para jamaah diharapkan lebih hati-hati ketika akan atau selesai melaksanakan ibadah di masjid Jami’ Baitul Amanah.

Tepatnya berada di ruas jalan raya Jonggol Cariu, kira-kira separuh jalan pertigaan Cibucil ke alun-alun kecamatan Cariu. Dan bangunan masjid megah tersebut berada di tikungan jalan kampung Nyomot, Desa Tegal Panjang. Keramaian lalu lintas disana dikarenakan pada tepia ruas jalur selatan yang memang ramai oleh kendaraan yang menghubungkan Kabupaten Bogor dengan Kabupaten Cianjur.

Sebenarnya bangunan masjid Jami’Baitul Amanah merupakan bagian dari Pondok Pesantren Ar-Risalah Cariu yang seluruh dari bangunan pondok tersebut berada di belakang masjid tersebut. Biasanya ketikahari libur maka pengunjung masjid Jami’ Baitul Amanah semakin banyak karena orang tua atau kerabat santri banyak yang menjenguk dan mengunjungi santrinya ke pondk pesantren Ar-Risalah. Dan mereka sering beristirahat sejenak sekaligus melaksanakan ibadah shalat di masjid Jami’ Baitul Amanah.

Bangunan asjid Jami’ Baitul Amanah memiliki satu lantai dengan dua menara yang menjulang tinggi mengapit bangunan utama masjid. Meskipun hanya memiliki satu lantai, bangunan masjid tersebut cukup megah berdiri di tepi jalan raya. Pada bagian halaman masjid pun terkesan luas untuk para jamaah atau pengunjung masjid memarkirkan kendaraannya. Disana juga dilengkapi dengan area tempat untuk berwudhu dan toiletnya masing-masing berbeda untuk laki-laki dan perempuan. Selain itu, disekitar masjid Jami’ Baitul Amanah banyak sekali kios atau warung yang menjual berbagai macam makanan dan minuman.

interior Masjid Jami’ Baitul Amanah Cariu

Sedangkan pondok pesantren Ar-Risalah yang berada di belakang masjid Jami’ Baitul Amanah sebenarnya merupakan bagian dari Yayasan Ar-Risalah yang pusatnya ada di Jakarta. Pondok pesantren yang berada di wilayah Cariu Bogor ini menghadirkan suasana yang berbeda karna sangat sejuk, asri dan memiliki pemandangan yang begitu mempesona. Maka siapa pun yang tinggal untuk menuntut ilmu di pondok pesantren Ar-Risalah selalu merasa betah dan nyaman.  Terlebih banyak kegiatan yang dilaksanakan di pondok pesantren tersebut sehinggga para santri menjadi lebih aktif dan tentunya belajar mereka juga semakin meningkat.

Bangunan masjid Jami’ Baitul Amanah didomnasi oleh cat warna putih dan hijau. Ketika memasuki bagian dalam masjid pun akan menemukan warna yang sama serta terdapat hiasan kaligrafi di dinding masjid. Interior masjid pun didesain begitu sederhana dengan sentuhan cukup megah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *