Masjid Jami’ Nurussa’adah Tegal Gede

Sebuah bangunan masjid yang difungsikan sebagai tempat beribadah umat muslim sangat mudah ditemukan dimana saja. Terkadang lokasi dari masjid tersebut berada disebuah tempat yang strategis namun ada pula bangunan masjid yang lokasinya jauh dari pusat kota. Meskipun demikian, bangunan masjid tersebut tidak pernah sepi oleh para jamaahnya untuk melaksanakan ibadah shalat ataupun kegiatan keagamaan lainnya. Di Bekasi tepatnya di Jalan Raya Industri Tegal Gede, Desa Pasirsari, Kecamatan Cikarang elatan, terdapat sebuah bangunan masjid yang kesannya begitu megah. Bangunan masjid tersebut bernama masjid Jami’ Nurus Sa’adah.

Masjid Jami’ Nurussa’adah Tegal Gede

Lokasi dari masjid Jami’ Nurus Sa’adah berada di sebelah rumah makan Kartni tepatnya di sebrang SPBU Tegal Gede di ruas jalan antara jembatan kali malang dengan jembatan layang Tol Cikarang Barat. Jika lewat dari arah tol Cikarang Barat, maka posisi dari masjid Jami’ Nurus Sa’adah berada di sebelah kanan jalan. Jadi ketika ingin mengunjungi masjid tersebut maka harus berputar balik ke arah jembatan kali malang. Jika dilihat dari arah jalan raya, bangunan masjid Jami’ Nurus Sa’adah seperti tidak memiliki area parkir yang memadai. Hal tersebut dikarenakan posisi dari bangunan masjidnya sendiri berada di sisi jalan raya dan sedikit ruang kosong disekitar masjid tersebut.

Namun para jamaah atau pengunjung masjid Jami’ Nurus Sa’adah jika memiliki kendaraan pribadi dapat memarkirkan kendaraannya di area parkir yang telah disediakan. Area parkir tersebut berada di samping bangunan masjid Jami’ Nurus Sa’adah. Tetapi para jamaah atau pengunjung harus masuk ke halaman disamping masjid yang melewati ruas jalan yang cukupp menurun karena lahan masjid tersebut berada jauh lebih rendah dibandingkan dengan jalan raya Tegal Gede. Dilihat dari segi bangunannya, masjid Jami’ Nurus Sa’adah memiliki desain yang modern. Bangunan masjid tersebut memiliki tiga lantai. Pada bagian dasar sejajar dengan area parkir masjid. Disana serig difungsikan oleh para jamaah wanita dan juga merupakan tempat untuk mengaji bagi anak-anak serta difungsikan seagai berbagai aktivitas lainnya.

Untuk bagian ruang utama shalat berada di lantai tiga masjid. Di lantai tersebut ruangannya terlihat begitu megah dan mewah. Selain itu, ruangan tersebut sangat tinggi disertai berbagai hiasana yang begitu menarik. Salah satunya lampu gantung hias yang begitu besar dan indah menambah nilai kemegahan dari masjid Jami’ Nurus Sa’adah. Di ruang tersebut juga terhampar karpet yang begitu tebal dan nyaman sehingga membuat para jamaah yang melaksanakan ibadah shalat semakin khusyu’. Ditambah dengan warna karpetnya yang didominasi dengan warna hijau membuat suasana di ruangan utama tersebut semakin sejuk dan nyaman.

mimbar Masjid Jami’ Nurussa’adah Tegal Gede

Tak hanya difungsikan sebagai tempat beribadah saja masjid Jami’ Nurus Sa’adah juga digunakan sebaga aktivitas keagamaan lainnya. Seperti pengajian rutinan yang sudah terjadwal yang telah dijadwal pada papan pengumuman serta aktivitas mengaji yang biasanya dilakukan oleh anak-anak dari ba’da maghrib hingga datangnya waktu isya’. Selain itu, jika hari besar Islam tiba, maka aktivitas di masjid Jami’ Nurus Sa’adah semakin penuh dan ramai setiap harinya. Terutama ketika bulan suci Ramadhan serta Hari Raya Besar Idul Fitri dan Idul Adha tiba, maka jamaah masjid yang melaksanakan shalat disana semakin meningkat.

Masjid Jami’ Nurus Sa’adah memiliki sebuah rancangan yang begitu unik karena memang letak dari bangunan masjid yang berada di sisi timur jalan raya sehingga kiblatnya menghadap ke jalan raya. Juga termasuk bagian mimbar dan mihrab masjid.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *