Masjid Jami’ Pusat Destinati Ibadah Kota Malang

Masjid adalah salah satu bangunan yang sangat penting sebagai tempat beribadah mereka para umat islam. Apalagi di Negara Indonesia yang mana mayoritas umatnya adakah umat islam, tentu saja di setiap wilayah sangat di perlukan adanya masjid yang bisa disinggahi setiap saat. sedangkan menanggapi akan hal itu, tentu tidak heran jika di setiap pusat kota pasti ada masjid di sebelahnya.

Masjid Jami’ Pusat Destinati Ibadah Kota Malang

Masjid di setiap pusat kota ini sering di kenal dengan masjid agung atau masjid jami’. Sedangkan setiap masjid sendiri tentu memiliki khas yang berbeda-beda termasuk masjid jami’ yang terletak di Kota Malang. Bahkan, masjid ini memiliki daya terik tersendiri sehingga tidak hanya untuk beribadah namun juga bisa di manfaatkan untuk berwisata sekaligus.

Sampai di sini Anda tentu penasaran bukan dengan seperti apa masjid jami’ di malang ini. terkait akan hal tersebut jangan khawatir karena beberapa informasi lebih lanjutnya bisa Anda temukan di sini. untuk lebih jelasnya silahkan Anda simak ulasan berikut.

Sejarah Masjid Jami’ Kota Malang

Masjid jami’ yang satu ini ternyata memiliki sejarah tersendiri yang cukup menarik untuk di ketahui. Dulunya masjid ini bukanlah masjid megah nan indah seperti sekarang. Akan tetapi pada perkembangan selanjutnya, masjid tersebut mengalami beberapa renovasi. Bahkan, tercatat dalam sejarah, dalam pembangunan masjid ini di bangun dalam dua tahap. Yang menarik, sejak awal masjid ini memang berbentuk bujur sangkar dengan struktur baja. Sedangkan atapnya bertumpang dua. Nah, bangunan awal tersebut hingga kini masih dipertahankan sebagai saksi sejarah masjid tersebut.

Arsitektur Menarik Di Masjid Agung Malang

interior Masjid Jami’ Kota Malang

Kalau masalah arsitektur, bisa di akui memang masjid ini sangat menarik. bukan hanya dari luarnya saja melainkan juga interior masjidnya sendiri. Dalam bentuknya, masjid ini mengusung gabungan dua gaya bangunan yakni gaya Jawa dan Arab. Untuk interior ini, di dalam masjid ada 4 tiang utama yang menyangga bangunan. Tiang tersebut merupakan tiang kuat yang berbahan kayu jati.  Kemudian ada juga 20 tiang yang memiliki bentuk cukup mirip dengan aslinya.

Sedangkan untuk pintu-pintu masjid, lebih menekankan pada arsitektur jawa. Akan tetapi, untuk arsitektur arabnya lebih di tunjukkan oleh ornamen-ornamen yang ada di dalamnya di mana di dominasi oleh dua warna yakni putih dan hijau.

Keindahan Masjid Agung Malang Di Malam Hari

Jika Anda mampir di alun- alun Malang, atau bahkan ke masjidnya, di lihat dari kejauhan, masjid ini sungguh indah. apalagi warnanya yang mendukung. Bahkan akan terkesan sangat mewah di balut lampu-lampunya yang serba terang. Ketika di abadikan pun tentu akan sangat mengesankan.

Masjid Agung Sebagai Destinasi Ibadah

Sejauh ini, bagi Anda umat muslim yang sedang berlibur ke Kota Malang dan tidak mampir di masjid ini bisa di pastikan akan cukup menyesal. alasannya adalah, masjid ini sering di sebut sebagai masjid jami’ pusat destinasi ibadah di kota tersebut. Apalagi dengan arsitektur yang mendukung sekaligus gayanya yang menarik. yang membuatnya daya tariknya lebih dalam lagi adalah bagian atap masjid ini bentuknya belum pernah di ganti sejak awal pembangunan meski mengalami beberapa renovasi.

Demikianlah ulasan mengenai masjid jami’ Kota Malang yang menjadi pusat destinasi ibadah yang bisa Anda kunjungi. Dengan nilai sejarah dan keindahan arsitektur yang di miliki, maka masjid ini memang pantas untuk di kunjungi. Bahkan masjid ini merupakan salah satu dari 3 masjid beryoni tinggi di Jawa timur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *