Masjid Jami’ Raudhatul Jannah

Masjid Jami’ Raudhatul Jannah berlokasi di Greenland Residence, Bukit cimanggu City, Kapubaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. Bangunan masjid ini tergolong cukup modern, karena lumayan besar dengan arsitektur bangunan yang modern, serta Full AC sebagai pendinginnya.

Masjid Jami’ Raudhatul Jannah

Arsitektural Bangunan Masjid Jami’ Raudhatul Jannah

Karena terletak di komplek perumahan elit, tidak heran jika keseluruhan bangunan masjid dibuat se-modern mungkin, dengan berbagai fasilitas modern dan serba digital untuk kenyamanan para jamaahnya. Dulunya masjid ini memang termasuk bangunan lama, dengan lantai dua, dan hingga kini sisi depan (bagian mihrab) masih dibiarkan seperti aslinya, meskipun bangunannya sudah dibangun ulang dengan ukuran yang lebih besar. Perluasan tersebut dimaksudkan agar ruangan yang dirasakan menjadi sangat lega, dan meninggikan atapnya agar suasana didalam ruangan tetap sejuk.

Masjid ini bisa dibilang cukup makmur dan terawat karena memang berbagai sumbangan dari orang-orang elit biasanya datang setiap minggunya. Teknologi terbaru juga ikut di implementasikan pada masjid ini seperti penggunaan Full AC sebagai penyejuk, kemudian TV LED untuk sarana informasi, jadwal aktifitas, maupun beberapa pengumuman lainnya.

Bahkan jika kita berkunjung ke masjid ini pada hari jum’at, kita akan mendengarkan seni tata suara yang begitu nyaman didengarkan. Keseluruhan jamaah dapat mendengarkan suara sang khotib tanpa perlu di stel dengan suara keras.

Kemudian untuk bagian lantainya dipakai keramik yang indah dengan hamparan sajadah merah yang sangat empuk dan hangat. Keseluruhan fasilitas yang diberikan adalah agar para jamaah betah berlama-lama didalam masjid.

arsitektur Masjid Jami’ Raudhatul Jannah

pada bagian luar dibangun dengan sangat rapi, mulai dari halaman, taman dan juga berbagai tanaman seperti pohon cemara yang menghiasi aral sekeliling masjid ini. Kemudian jika dilihat dari bangunan luarnya, memang hanya tampak seperti rumah hunian di perumahan, karena desainnya memang dibuat seperti itu.

Pada bagian mihrabnya dibuat dengan menjorok keluar, namun hanya berbentuk persegi panjang, bukan seperti mihrab pada umumnya. Dikompleks masjid ini juga dibangun berbagai macam fasilitas lainnya seperti areal parkir yang lumayan lega, tempat berwudhu yang sangat bersih, serta berbagai ruangan untuk kantor pengurus dan juga sebagai gudang penyimpanan.

Untuk peneduh di bagian luarnya dipakai peneduh (terop) yang terbuat dair besi dan galvalum. Pada beberapa kaca masjid juga memang senagaja untuk dibaut dengan ukiran kaca yang sangat indah, dengan bentuk kaligrafi dan beberapa bentuk mozaik yang rumit.

Jika dilihat dari luar memang terlihat tidak begitu luas, namun jika kita masuk pada ruangan ini, kita akan disuguhkan dengan ruangan yang terasa sangat luas, dengan 2 tingkat (hanya pada bagian depan sebelah kanan saja), sedangkan sebelah kiri tidak dibuat dengan 2 tingkat.

Jamaah pria ditempatkan dibagian depan, sedangkan jamaah wanita ditaruh dibagian belakang,dengan satir dari kain saja. lalu dibagian mihrab hanya dibuat dengan bangunan persegi, kemudian didalam mihrab tersebtu diberikan mimbar dari kayu yang berhiaskan ukiran-ukiran kaligrafi yang sangat indah. Dibagian kanan dan kiri mihrab dipasang 2 hiasan berbentuk bunga yang sangat unik.

Masjid Jami’ Raudhatul Jannah

Berbagai kegiatan pun turut dilakukan di masjid ini, seperti kegiatan pendidikan Al-Qur’an, karena dibagian samping masjid juga sudah dibangun sebuah gedung seperti madrasah yang diperuntukkan untuk kegiatan belajar Al-Qur’an.

Berbagai kegiatan islami seperti pengajian, lomba islami, dan lain sebagainya juga ikut dilakukan di kompleks masjid ini, sebagai perekat sosial antara penduduk perumahan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *