Masjid Kowloon Hongkong

Perkembangan agama islam hingga saat ini telah menyebar hingga ke berbagai wilayah di dunia. Salah satunya hingga ke Hongkong. Di Negara tersebut juga terdapat sebuah bangunan untuk melaksanakan ibadah shalat bagi umat muslim. Masjid tersebut bernama Kowloon mosque and Islamic Center. Masjid ini sangat berbeda dengan berbagai masjid lain pada umumnya. Salah satunya yaitu ketika akan memasuki masjid ini maka para jamaah atau pengunjung akan disambut oleh resepsionis yang sangat ramah.

Masjid Kowloon Hongkong

Masjid Kowloon dan Islamic Center tepatnya berada di wilayah Tsim Tsa Tsui yang merupakan pusat kota Kowloon-Hongkong berdiri megah diantara beberapa bangunan lainnya. Lokasi dari wilayah tersebut sangat strategis dan populer hingga para wisatawan mancanegara karena tempat itu merupakan sebuah kawasan berbelanja.

Masjid Kowloon dan Islamic Center sangat megah dan luas. Masjid tersebut juga selalu dipenuhi oleh para jamaah bahkan ketika sedang melaksanakan ibadah shalat Subuh. Meskipun umat muslim di Hongkong termasuk minoritas, namun toleransi agama disana cukup tinggi. Masjid Kowloon dan Islamic Center ternyata memilii sejarah dari awal pembangunannya. Hal tersebut dapat dilihat dari prasasti yang terpasang pada bagian dalam dinding masjid. Masjid tersebut disebutkan pertama kali didirikan pada tahun 1896 dan juga pernah mengalami perbaikan masjid tepatnya di tahun 1902.

Kemudian masjid Kowloon dan Islamic Center bertambah megah dan mewah hingga seperti ini berkat dari renovasi kembali di tahun 1984 silam. Dalam proses pembangunannya, dana yang idhabiskan yaitu sekitar HK$25 juta dolar Hongkong. Masjid Kowloon dan Islamic Center dapat menampung para jamaahnya hingga berjumlah 2000 jamaah. Tak sampai disitu, lalu amsjid Kowloon dan Islamic Center kembali dilaukan renovasi pada tahun 2008 dan menghabiskan biaya sekitar HK$13 juta dan daya tamping masjid tersebut dapat menampung para jamaah hingga sebanyak 3.500 jamaah.

arsitektur Masjid Kowloon Hongkong

Ternyata masjid Kowloon dan Islamic Center tak hanya dipenuhi oleh para jamaahnya pada waktu subuh saja melainkan di setiap pelaksanaan shalat dhuhur, ashar, maghrib dan Isya’. Ketika para jamaah sudah penuh, biasanya  para jamaah yang telat akan diarahan untuk melaksankan ibadah shalat di bagian lantai dua masjid. Disana juga tak sedikit dari jamaah berasal dari Indonesia yang sengaja datang ke Hongkong untuk mencari rezeki atau keperluan pribadi lainnya.

Masjid Kowloon dan Islamic Center ini sangat menarik. Selain ada resepsionis yang bertugas untuk menyambut pengunjung atau jamaah, disana juga terdapat kotak amal dibagian lantai dua dan disamping itu juga terdapat satu kotak lagi yang isinya penuh dengan peci. Peci tersebut berbentuk bundar dan berwarna warni. Selanjutnya dibagian deretan shaf belakang telah disediakan kursi khusus bagi penyandang cacat yang tak mampu untuk melaksanakan shalat sambil berdiri. Selain untuk melaksanakan shalat, ternyata kursi tersebut juga bisa digunakan untuk mebaca Al-Qur’an.

Selain itu di masjid Kowloon dan Islamic Center ini tidak terdapat kipas angina tau AC. Berbeda dengan beberapa masjid yang ada di Indonesia selalu memiliki kipas angin atau AC agar didalam ruangannya tidak terasa panas. Di masjid Kowloon dan Islamic Center ini dilengkapi dengan lubang angin dari dinding dengan desain yang sangat indah. Bahannya berasal dari granit yang diukur secara tembus. Fungsi dari dinding tersebut sebagai sirkulasi udara sehingga di dalam ruangan masjid tersebut tidak terasa panas. Selain itu ketika akan berwudhu disana telah disiapkan keran air lengkap dengan bangku yang terbuat dari batu bulat panjang untuk jamaah yang akan berwudhu. Itulah sekilas tentang keunikan dari masjid Kowloon dan Islamic Center yang berada di Hongkong.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *