Masjid kubah emas di dunia dan Indonesia

Agama islam adalah suatu agama yang mewajibkan semua umatnya untuk menyembah satu Tuhan yakni Allah SWT. Nabi yang diutus oleh Allah untuk menyebarkan agama islam adalah nabi Muhammad SAW. Dan juga kitab umat islam maupun umat muslim adalah al-quran yang didalamnya berisi banyak aturan dan juga banyak kisah tentang keteladanan nabi, tentang surga dan neraka, tentang kewajiban yang harus dilaksanakan oleh umat muslim. Seperti kewajiban untuk shalat 5 waktu serta berpuasa di bulan ramadhan. Dan juga larangan ataupun hal-hal yang tidak diperbolehkan oleh umat muslim. Seperti contohnya memakan makanan yang haram. Tempat peribadatan bagi umat muslim di seluruh dunia sama yakni masjid. Masjid adalah bangunan suci yang digunakan untuk shalat dan melakukan ibadah lain seperti misalnya berdzikir dan mengaji.Biasanya masjid memiliki kubah yang berfungsi sebagai penambah keindahan dan juga kemewahan sebuah masjid dan juga dapat berfungsi sebagai pelindung dari hujan dan juga panas, sehingga jamaah yang sedang beribadah di dalam masjid akan lebih nyaman dan juga lebih khusyuk.

Membicarakan tentang kubah masjid, ada yang terbuat dari beton, dari fiber glass maupun terbuat dari logam mulia, seperti emas. Emas, seperti kita ketahui sendiri merupakan logam mulia yang berharga mahal dan juga fantastis. Tapi di beberapa negara ini ada beberapa masjid yang mempunyai kubah berbahan dasar emas murni. Dimana saja, diantaranya terdapat di pakistan, irak dan juga terdapat di singapura.

Masjid di pakistan yang bernama masjid suneri ini memiliki kubah yang terbuat dari warna emas. Masjid yang didirikan oleh nawab syed bikhari khan ini memiliki 3 kubah  yakni satu buah kubah utama dan juga dua kubah utama yang terdapat di kanan dan juga kiri masjid. Masjid ini merupakan satu-satunya masjid di lahore, pakistan yang memiliki kubah emas.

Masjid di dunia lainnya yang memiliki kubah berbahan dasar emas adalah masjid al-askari yang terdapat di negara irak. Merupakan salah satu masjid syiah yang dibangun sekitar tahun 944 m, dan masjid ini terletak tepat di kota samara, irak, tapi sayangnya masjid ini telah dihancurkan oleh tentara amerika serikat pada tahun 2006. Akibat invasi amerika serikat ke irak waktu itu.

Dan masjid terakhir yang memiliki kubah berbahan dasar emas adalah sebuah masjid yang berada di negara singapura. Masjid ini bernama masjid sultan singapura. Masjid sultan singapura ini awalnya dibangun oleh sultan singapura setelah mendapatkan sebuah kongsi dagang dari inggris di tahun 1928 sebanyak sgd 3000. Sultan singapura langsung berinisiatif membangun sebuah masjid di kawasan di little india dan mengubah kubah yang berbahan biasa menjadi berbahan emas dan masjid ini merupakan salah satu masjid yang terbesar serta termegah di singapura sana.

Selain di luar negeri ternyata di indonesia ada juga lho sebuah masjid yang memiliki  kubah berbahan dasar emas. Masjid kubah emas ini tepatnya berada di kawasan depok, jawa barat. Masjid ini bernama masjid dian al mahri. Masjid ini beralamat di jalan maruyung raya, kelurahan meruyung, kecamatan limo di kota depok. Masjid megah nan indah ini dapat menampung jamaah sekitar 20.000 orang jamaah. Berdiri di atas tanah seluas 70 hektare persegi. Masjid megah ini mulai dibangun pada tahun 1999 oleh seorang ibu yang dermawan serta suka bersedekah yang bernama ibu hj.dian juriah maimun yang adalah seorang pengusaha sukses yang berasal dari banten. Masjid dian al mahri ini merupakan salah satu masjid berkubah emas yang ada di indonesia.

Nah, demikianlah informasi tentang masjid yang memiliki kubah emas di dunia maupun di indonesia. Semoga dapat menambah informasi serta dapat menambah pengetahuan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *