Masjid ‘Kubah Pelangi’ Nurul Hidayah Palembang

Kota Palembang terkenal dsebagai kota makanan pempek yang begitu lezat. Bahkan makanan khas Palembang tersebut telah terkenal hingga mancanegara. Selain itu, Palembang juga terkenal sebagai Bumi Sriwijaya karena pada dahulu kala Palembang menjadi pusat dari kerajaan bahari Budha terbesar di Asia Tenggara yaitu Kerajaan Sriwijaya. Bahkan hingga sekarang pun nama tersebut sering dipakai oleh berbagai brand atau atribut asal Palembang. Seperti nama dari maskapai penerbangan, pabrik, media cetak dan lainnya. Palembang juga terdiri dari berbagai macam etnis dan agama yang berbeda. Mekipun demikian, sikap toleransi yang tinggi untuk saling menghormati dan menghargai perbedaan keyakinan dan etnis mereka sangat junjung tinggi. Dan agama islam merupakan mayoritas yang dipilih oleh masyarakat Palembang. Dengan jumlah yang mencapai 91.93% beragama islam.

Masjid ‘Kubah Pelangi’ Nurul Hidayah Palembang

Palembang juga memiliki banak tempat beribadah untuk umat muslim. Namun ada salah satu bangunan masjid yang menjadi daya tarik siapapun yang pertama kali melihatnya. Masjid tersebut adalah masjid Nurul Hidayah yang berlokasi di Jalan R.E Martadinata, RT 20, Sungai Buah, Ilir Timur 2, Sungai Buah Kota Palembang Sumatera Selatan. Masjid Nurul Hidayah juga sering disebut dengan masjid Kubah Pelangi karena memang pada bagian kubah tersebut memiliki warna warni seperti warna pada pelangi yang begitu indah. Dengan perpaduan dari warna merah, jingga, kuning, ungu, biru muda, biru tua dan juga orange yang membuat begitu sangat menarik. Bentuk kubahnya pun berbeda dengan kubah asjid lainnya yaitu sedikit meruncing.

Tetapi di Sumatera Selatan bukan hanya masjid Nurul Hidayah saja yang memiliki Kubah Pelangi. Seperti masjid Al-Baniah di Ujan Mas Lama, Kabupaten Muara Enim dengan khas pada kubahnya yang berwarna warni seperti pelangi. Masjid Nurul Hidayah berdenah segi empat yang sederhana dengan ditambah adanya bagian kubah pelangi di bagian atap tengah masjid dengan ukurannya  yang besar. Selain itu, bangunan masjid Nurul Hidayah juga memiliki sebuah menara namun ukurannya tidak terlalu tinggi. Meskipun memliki keunikan pada bagian kubahnya, bagian lainnya pada masjid Nurul Hidayah ternyata seperti bangunan masjid pada umumya. Lokasi dari masjid Nurul Hidayah pun cukup strategis karena berada di tepian jalan ruas RE Martadinata dan sangat mudah untuk ditemukan.

arsitektur Masjid ‘Kubah Pelangi’ Nurul Hidayah Palembang

Pada tahun kemarin tepatnya pada bulan April 2017 bangunan masjid Nurul Hidayah belum rampung secara keseluruhan. Terutama pada bagian kubahnya yang masih belum terdapat perpaduan dari warna pelangi. Dan kubah tersebut masih dalam proses pengerjaan akhir yaitu dalam pemasangan lapisan logam untuk penutup kubahnya. Disekeliling masjid tersebut terdapat pagar besi yang berwarna hijau dan pada setiap pagar tersebut diiasi oleh lampu berbentuk bulat. Sehingga ketika malam tiba, maka dari luar saja bangunan masjid Nurul Hidayah terlihat mempesona dan juga agar tidak gelap. Selain itu, di dekat pagar tersebut juga terdapat tanaman bunga yang sangat indah terutama ketika bunga tersebut bermekaran maka akan semakin cantik menghiasi bangunan masjid Nurul Hidayah. Pada bagian dinding masjid tersebut didomnasi dengan warna krem yang lenut sehingga terkesan kalem. Ada juga warna hijau pada setiap tepian masingmasing di bagian masjid tersebut.

Letaknya yang berada di sekitar perumahan warga pun membuat masjid Nurul Hidayah tak pernah sepi oleh para jamaah untuk melaksanakan ibadah shalat disana.Tak jarang warga sekitar melaksanakan shalat wajib disana secara berjamaah. Jamaah masjid Nurul Hidayah akan semakin meningkat pada hari Jum’at karena jamaah laki-laki melaksanakan shalat Jum’at di masjid Nurul Hidayah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *