Masjid Makkah, Hyderabad

Di India tak hanya bangunan Taj Mahal saja yang terkena karena telah dibangun sejak lama dan juga merupakan bangunan yang begitu mengagumkan dengan cerita dibalik pembangunannya yang luar biasa. Di negara tersebut juga terdapat sebuah bangunan masjid yang tertua berada di Hyderabad, Telangana. Masjid tersebuh adalah masjid Mekah. Tak hanya sebuah bangunan masjid yang tertua, masjid ekah juga merupakan bangunan masjid yang terbesar di India. Bahkan menjad sebuah bangunan warisan yang telah terdaftar di kota tua Hyderabad dan lokasinya berdekatan dengan landmark bersejarah istana Chowmahalla, Laad Bazzar dan Charminar.

Masjid Makkah, Hyderabad

Seorang pengusaha kelima dari Dinasti Qurb Shahi yaitu Muhammad Qul Qutb Shah menyebutkan bahwa bahan batu bata untuk membangun masjid Mekah berasal dari tanah yang ternyata sengaja dibawa dari Mekah. Batu bata tersebut digunakan dalam pembangunan lengkungan pada bagian pusat masjid Mekah sehingga dalam memberikan nama masjid tersebut dengan masjid Mekah karena memang salah satu bahan untuk membangunnya berasal dari Tanah Suci Mekah.

Pada awalnya pembangunan masjid Mekah dimulai pada saat pemerintahan Muhammad Quli Qutb Shah berkuasa. Beliau adalah seorang sultan Qurb Shahi yang ke lima. Pada bagian bangunan masjid tersebut terlihat tiga fasad yang melengkung serta diukir dengan begitu indah dari sebuah granit. Granit tersebut membutuhkan waktu selama lima tahun untuk ditambang. Dalam kurun yang begitu lama namun tetap menghasilkan sebuah karya yang begitu luar biasa. Sebelum dibangun, Muhammad Quli Qutb Shah secara langsung yang meletakan batu fondasi pertama kali untuk dibangun. Para pekerja untuk membangun masjid Mekah pun sebanyak 8.000 pekerja. Jumlah dari pekerja pun tak tanggung-tanggung karena sengaja ingin menciptakan sebuah bangunan yang besar dan juga bermanfaat bagi umat muslim disana. Setelah rampung dibangun, tak heran masjid Mekah pun memang terkesan begitu besar dan juga tentunya mewah. Bahkan seorang penjelajah Perancis yang bernama Jean Baptiste Tavenier  menyebutkan bahwa bangunan masjid Mekah merupakan sebuah bangunan yang begitu besar dan juga indah dengan sebuah batu yang begtu spesial dan berbeda. Terutama pada bagian tempat sholatnya yang tertata dengan batu dengan ukuran yang sangat besar sehingga harus mengabiskan selama lima tahun untuk membuatnya begitu menarik. Dan butuh sekitar 500 hingga 600 orang pekerja.

arsitektur Masjid Makkah, Hyderabad

Masjid Mekah juga semakin indah dan megah karena dilengkapi oleh menara masjid dan juga mengapit serta terdapat sebuah galeri yang melengkung indah. Pada bagian puncaknya terdapat  kubah namun ukurannya tidak begitu besar. Selain itu, bahan granit juga terdapat padi bagian struktur utama masjid yang terjepit diantara dua kolom persegi delapan dengan ukrannya yang besar. Bahkan dalam masjid Mekah tersebut memiliki berbagai macam hiasan dan juga kaligrafi yang begitu indah dan mempesona sehingga sangat menarik perhatian bagi para pengunjung yang pertama kali melihatnya. Bahkan berkali-kali mengunjungi masjid tersebut pun masih akan terasa begitu takjub dan kagum akan karya serta arsitekturnya yang begitu luar biasa.

Pada ke empat sisi atap masjid utama terbuat dari papan granit yang berbentuk conches terbalik yang bertengger di tiang.  Masjid Mekah pun memiliki halaman yang cukup luas dan menarik untuk dilihat dan ternyata disana juga terdapat sebuah makam Nizamas serta keluarganya. Masjid Mekah pun tidak pernah sepi untuk dikunjungi para jamaah untuk melaksanakan shalat disana dan juga para wisatawan yang pertama kali datang ke India.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *