Masjid Nurul Anda Parung Kuda, Sukabumi

Sukabumi adalah salah satu kabupaten yang berada di Jawa Barat. Luas dari kabupaten Sukabumi merupakan kabupaten yang terluas setelah kabupaten Banyuwangi yang berada di Jawa Timur. Sukabumi berbatasan dengan Kabupaten Bogor yang berada di sebelah utara, disebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Cianjur dan diseblah selatannya terdapat Samudera Hindia serta d sebelh barat berbatasan dengan kabupaten Lebak. Lokasi dari Kabupaten Sukabumi yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia membuat wilayah tersebut memiliki berbagai wisata alam pantainya yang begitu mempesona. Contohnya seperti Pantai Pelabuhan Ratu, Pantai Cibangban, Pantai Cimaja, Pantai Ujung Genteng dan lainnya. Tak hanya itu saja, Sukabumi juga terkenal dengan wisata kamping ataupun hiking yang biasanya menjadi pilihan utama bagi para wisatawan jika ingin berkemah dan mendaki. Yaitu gunung Gede.

Masjid Nurul Anda Parung Kuda, Sukabumi

Sukabumi juga tak lepas dari sejarah pertama kali islam mulai masuk kesana. Tepatnya sekitar abad ke 15 hingga 16 Masehi, islam mulai masuk dan berpengaruh di Sukabumi. Masuknya agama islam ke Sukabumi berawal dari Syarif Hidayatullah yang pada masa itu merupakan seorang pemimpin kerajaan Cirebon dan seorang muslim. Maka perlahan masyarakat Sukabumi pun memilih agama islam sebagai kepercayaannya. Bahkan hingga dahulu dan sekarang pun mayoritas dari penduduk Sukabumi adalah beragama islam. Padahal pada masa penjajahan Hindia Belanda sangat mempengaruhi masyarakat Sukabumi agar tidak memilih agama islam. Mereka pun sangat kerat mengawasai para kiyai dan ulama yang memang sangat berpengaruh dalam menyebarkan ajaran islam di Sukabumi. Tetapi keyakinan serta keimanan yang kuat membuat para ulama, kiyai serta masyarakat Sukabumi terus berpegang erat terhadap agama islam. Kemudian para ulama tersebut membangun pondok pesantren yang bertujuan agar ajaran islam terus dapat tersebar di masyarakat dan menyuruh para santri yang tinggal di pondok pesanren yang sudah lulus untuk menyebarkan ajaran islam di setiap daerah. Maka dengan cara itulah ajaran islam di Sukabumi masih terus kuat hingga saat ini.

Keberadaan bangunan tempat beribadah umat muslim pun tak lepas dari masyarakat muslim Sukabumi yang kian hari semakin banyak. Maka tak heran jika berkunjung ke Sukabumi akan menemukan banyak sekali bangunan masjid. Salah satunya adalahh masjid Nurul Anda Parung Kuda. Lokasi dari masjid Nurul Anda berada di tepian ruas jalan Sukabumi tepatnya berada di Kampung Pondokaso Landeuh, Kecamatan Parung Kuda. Karena berada dekat dengan jalan raya, maka suasana di masjid Nurul Anda tidak pernah sepi dari para jamaah yang melaksanakan shalat di masjid tersebut ataupun para pengguna jalan yang sengaja beristirah dan juga beribadah disana.

exterior Masjid Nurul Anda Parung Kuda, Sukabumi

Bangunan masjid Nuru Anda termasuk cukup megah namun tidak begitu mewah. Masjid tersebut memiliki desain seperti bangunan masjid khas Nusantara. Dengan atap yang bersusun dan terdapat sebuah kubah yang ukurannya besar di atap masjid. Kemudian disebelah kanan kiri kubah utama tersebut terdapat juga kubah yang ukurannya lebih kecil. Kubah masjid tersebut dilapisi dengan aluminium. Halam masjid Nurul Anda pun begitu luas sehingga para jamaah ataupun pengguna jalan dapat memarkirkan kendaraannya disana. Jika diperhatikan lebih seksama, bangunan masjid Nurul Anda sepertii rumah tradisional Betawi. Karena pada bangunan masjid tersebut terdapat berbagai sentuhan ornamen dari kayu yang diukir sehingga terkesan begitu cantik dan indah.

Bangunan masjid Nurul Anda terdiri dari dua lantai. Lantai masjidnya pun sudah dikeramik sehingga membuat para jamaah semakin nyaman untuk beribadah disana. Ternyata embangunan masjid Nurul Anda dilakukan oleh Yayasan Nurul Anda yang berada di Jakarta dan telah menghabiskan dana sebesar Rp. 1 Miliar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *