Masjid Pesantren Cijaruwa Bandung

Kota Bandung sudah terkenal akan berbagai macam kuliner dan suasananya yang begitu menyenangkan. Bahkan Bandung menjadi salahs atu tujuan utama para wisatawan untuk menghabiskan waktu pekan atau waktu liburan mereka. Tak heran karena Bandung memiliki berbagai macam tempat wisata yang begitu memukau. Ditambah dengan aneka kuliner khas Bandung yang bermacam-macam dan disukai oleh setiap wisatawan dari manapun membua mereka selalu kembali mengunjungi kota Kembang setiap waktu liburan tiba. Selain itu, Bandung juga memiliki berbagai macam wisata belanja tradisional dan pusat perbelanjaan mall yang juga tak kalah ramai dikunjungi oleh para wisatawan lokal dan mancanegara. Bandung juga memiliki infrastruktur yang tak kalah menarik dan modern dibandingkan dengan kota lainnya. Dan Bandung juga banyak terdapat pondok pesantren yang biasanya dihuni oleh para santri yang datang dari berbagai daerah.

Masjid Pesantren Cijaruwa Bandung

Salah satunya adalah pondok pesantren Margasari Cijawura atau disebut juga dengan nama Pondok Pesantren Cijaruwa. Lokasi pondok pesantren tersebut berada di Kecamatan Buhbatu, Jalan Puto Utara V No. 221, Margasari, Kota Bandung Jawa Barat. Pondok pesantren Cijaruwa jugadilengkapi oleh bangunan masjid yang terkesan begitu megah. Bangunan masjid pesantren Cijaruwa sangat terkenal karena memiliki arsitektur modern dengan gaya bangunannya sepert Timur Tengah. yaitu terdapat kubah yang ukurannya besar dibagian tengah atap masjid ditambah dengan empat kubah yang ukurannya lebih kecil disetiap empat sudut bangunan masjd tersebut. selain itu, kemegahan dari masjid pondok pesantren Cijaruwa akan terlihat dari bagian menara masjidnya yan menjulang tinggi serta dengan puncaknya yang bernbbentuk kubah kecil. kubah tersebut ukurannya sama dengan ke empat kubah masjid yang berada di sudut bangunan masjid pondok pesantren Cijaruwa. Tak hanya itu saja, kemegahan dari bangunan masjid tersebut juga dilengkapi oleh banyaknya jendela dengan gaya lengkung tapal kuda menghiasi di sepanjang dinding masjid hingga mencapai lantai tiga.

Kemegahan bangunan masjid pondok pesantren Cijaruwa apat dilihat dari jalan Ciwastra atau jalan Rancabolang. Hal tersebut karena masjid pndok pesantren Cijaruwa berada di belokan antara Jalan Ciwastra dan Jalan Ranabolang Kota Bandung. Kedua jalan tersebut juga sealu dipenuhi oleh para pengendara yang lewat di kota Bandung. Jika pada siang hari, sekilas suasana di halaman masjid tersebut terkesan sepi. Tetapi ketika memasuki masjid tersebut jangan kaget jika disana banyak sekali para santri yang berkumpul dengan cara melingkar atau sejajar. Mereka belajar mengaji bersama yang dipimpin oleh seorang ustadz. Terlihat pemandangan belajar mengaji kitab yang begitu santai namun sebenarnya seirus.  Suasananya pun begitu santai dan nyaman karena memang dibuat sedemikian rupa agar para santri betah untuk tinggal di pondok pesantren tersebut.

Para santri yang tinggal di pondok pesantren Cijaruwa terdiri dari berbagai tingkatan. Mulai darii kalangan anak yag masih di Sekolah Dasar, SMP, SMA hingga mereka yang sudah dewasa di kalangan mahasiswa juga ikut tergabung dalam kegiatan pondok pesantren Cijaruwa. Ketika bulan puasa tiba, maka suasana di masjid dan juga pondok pesantren tersebut semakin penuh oleh para santri dan kegiatan yang begitu bertambah. Setelah sahur hingga setelah melaksanakan ibadah tarawih pun para santri memiliki kegiatan yang semakin mendekatkan diri kepada Sang Maha Kuasa. Salah satunya yaitu mengaji Al-Qur’an yang dilaksanakan di dalam masjid tersebut. Karena suasana yang nyaman ditambah dengan berbagai hiasan dan ornamen masjid yang begitu mendukung, membuat para santri semakin giat beribadah dan tentunya semakin khusyu’.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *