Masjid Raya Al-A’zhom Tangerang

Masjid adalah sebuah tempat beribadah bagi umat muslim. Hingga sekarang pun masjid sudah dapat dikunjungi dimana saja. Terutama di Indonesia yang  mayoritas penduduknya memeluk agama islam. Indonesia memiliki bangunan masjid yang sangat banyak mulai dari masjid yang didesain secara modern, tradisional hingga memiliki nilai sejarah yang tinggi. Ternyata Indonesia juga memiliki sebuah bangunan masjid yang sangat terkenal hingga ke luar negeri. Yaitu masjid Istiqlal. Hal tersebut dikarenakan masjid Istiqlal bangunannya sangat besar dan juga megah. Masjid tersebut juga sering dikujungi oleh para wisatawan sambil menikmati wisata religi.

masjid al a'zhom

Tak hanya masjid Istiqlal saja yang bangunannya megah dan besar, ternyata masih banyak juga beberapa masjid di Indonesia dengan ukurannya yang besar serta desainnya yang modern. Salah satunya berada di Tangerang yang bernama masjid Raya Al-A’zhom. Masjid tersebut berlokasi di Jalan Satria-Sudirman, Sukasih Kecamatan Tangerang Kota Tangerang Banten. Masjid Al-A’zhom sangat terkenal karena merupakan sebuah masjid Raya serta memiliki bangunan masjid yang sangat menarik berbeda dengan masjid lainnya.

Masjid Raya Al-A’zhom berdiri megah di komplek perkantoran Pemerintah Kota Tangerang Provinsi Banten. Lokasinya yang strategis menjadikan masjid tersebut selalu dipenuhi oleh para jamaah kapanpun. Dari kejauhan pun bangunan masjid Raya Al-A’zhom dapat terlihat terutama pada bagian kubahnya yang bersusun serta ukurannya yang sangat besar. Ditambah dengan ke empat menara yang menjulang tinggi membuat masjid Raya Al-A’zhom terkesan sangat megah. Selain itu, bagian kubah serta menaranya juga merupakan fitur utama dari tampilan masjid tersebut. Bagian kubah tersebut sangat mendominasi bangunan masjid Raya Al-A’zhom karena santa menarik dan sangat besar. Dari kubah tersebut warnanya juga berbeda dengan yang lainnya yaitu dengan warna putih dan hijau. Serta pada kubah tersebut terdapat garis geommetris yang menggabungkan dari masing-masing warnna tersebut. serta ke empat menaranya yang lancip dan menjulang tinggi menambah kemegahan dari masjid Raya Al-A’zhom. Menara tersebut memiliki ukuran tingginya yang mencapai 55 meter. Jika dilihat dari segi bangunannya, masjid Raya Al-A’zhom sangat mirip dengan desain bangunan masjid era Emperium Usmaniyah yang berada di Istambul Turki. Gaya dari masjid seperti itu memang khas dari era tersebut karena memang terkenal akan adanya kubah besar serta menara yang menjulang tinggi.

interior masjid al a'zhom

Menaranya setinggi 55 meter, dengan bentuk puncak panjang langsing meruncing hingga bagian pucuknya. Bangunan seperti ini sangat khas pada masa-masa kekuasaan Emperium Usmaniyah pada sekitar abad ke-15.

Bangunan Masjid Raya Al-Azhom diciptakan sedemikian rupa dengan ruangan yang lumayan luas. Memadukan antara struktur bangunan moder, dengan kubah semi monokok sehingga menjadikan kesan ruangan dibawahnya menjadi sangat luas. Apalagi, tidak ada soko guru sebagai penyangga  atap dan kubah dibagian tengah ruangan. Kolom-kolom penopang atap dan kubah ditempatkan di sekeliling lingkar luar susunan kubah, atau pada sisi-sisi pojok bangunannya. Dengan ruangan yang luas, tentu saja sirkulasi udara yang terjadi semakin sempurna, sehingga para jamaah semakin betah untuk berlama-lama di masjid ini.

Nuansa Tradisional juga dapat kita temukan didalam masjid ini, seperti pada bagian interiornya, kemudian sejumlah perangkat dan ornamen dengan ukiran-ukiran tradisional turut menghiasi bangunan masjidnya.

masjid raya al a'zhom

Keunikan yang paling kentara adalah pada bagian kubahnya, dimana ukurannya yang super besar,  dengan diameter 32 meter, dan keseluruhan luasnya mencapai 3.142 meter persegi. jika di ukur berat dari keseluruhan 5 kubah tersebut mencapai 300 ton.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *