Masjid sultan suriansyah, tertua di Banjarmasin

Di Indonesia setiap masjid memiliki cerita tersendiri di balik berdirinya. Selain itu, beberapa hal khusus pun juga di miliki setiap masjid. Apalagi untuk beberapa masjid tertentu yang terbilang tenar baik karena sejarah maupun tampilannya. Salah satunya seperti masjid sultan suriansyah yang terletak di Banjarmasin, Pulau Kalimantan ini.

Masjid sultan suriansyah, tertua di Banjarmasin

Masjid yang satu ini memang memiliki beberapa hla unik sehingga cukup terkenal. Sedangkan salah satu kriteria yang paling di kenal orang yakni sebagai masjid tertua di Banjarmasin. Bahkan tidak hanya di Banjarmasin tersebut ternyata melainkan juga di Kalimantan Selatan. Tidak hanya masalah usianya yang sudah cukup tua, akan tetapi masih banyak hal lain yang tidak kalah menarik untuk di ketahui dari masjid yang satu ini.

Sampai di sini Anda pasti penasaran dengan beberapa hal yang di maksud. Oleh karena itu Anda pun perlu mengetahui lebih jauh tentang hal ini. terkait akan informasi mengenai masjid Sultan Suriansyah, jangan khawatir karena jawaban rasa penasaran Anda bisa ditemukan di sini. untuk lebih jelasnya, silahkan langsung Anda simak ulasan berikut ini.

Cerita Di Balik Masjid Sulatn Suriansyah

Menurut sejarah, masjid ini pertama dibangun pada 1526 M. Tahun itu adalah waktu yang tak berselang lama setelah kerajaan Banjar berdiri. Sedangkan yang membangunnya adalah Sultan Suriansyah atau dengan nama aslinya Pangeran Samudra. Di Banjar sendiri, sebenarnya masyarakat di sana memeluk  agama Hindu. Akan tetapi setelah datangnya Sultan Suriansyah, para penduduk justru mulai memeluk agam Islam.

Masjid ini kini telah genap berumur sekitar 491 tahun. dengan title nya sebagai masjid tertua di Banjarmasin, tentu saja hingga kini tidak hanya sebatas tempat ibadah saja melainkan juga banyak di kunjungi sebagai salah satu destinasi wisata. memang selain usianya yang sudah tua dan memiliki nilai sejarah cukup tinggi, masjid ini juga di dukung arsitektur serba menarik baik eksterior maupun interior.

Desain Dan Arsitektur Menarik Masjid Tertua Di Banjarmasin

interior Masjid sultan suriansyah, tertua di Banjarmasin

Masjid tua ini sebenarnya memang telah banya mengalami yang namanya renovasi. Akan tetapi tidak dapat di pungkiri jika nuansa kuno yang kental akan  kesan Banjarnya pun masih sangat melekat. Yang cukup unik adalah kayu ulin di masjid yang masih baik-baik saja dan sengaja dipertahankan sejak pertama di bangun. Padahal logika seharusnya kayu ulin tersebut telah di ganti semen seperti masjid tua pada umumnya. Bangunan  masjid ini sendiri terdiri dari 4 tingkat yang setiap tingkatnya mengandung simbol islami yang sangat kental pula. di beberapa sisi pun juga terdapat berbagai ukuran yang merupakan khas Banjar.

Apa Yang Juga Menarik Saat Berkunjung Ke Masjid Ini?

Nah, bagi Anda yang belum pernah berkunjung, perlu Anda ketahui bahwa selain bisa melihat masjid tertua di Banjarmasin, masih ada hal lain yang  bisa Anda nikmati di sini.  yakni pemandangan sekitar dengan adanya sungai kuin. Selain itu juga ada dermaga di seberang masjid. Dermaga ini pun telah ada sejak masjid ada. konon, dermaga ini dulunya di fungsikan sebagai pintu masuk kerajaan.

Itulah beberapa informasi mengenai masjid Sultan Suriansyah yang merupakan masjid tertua di Banjarmasin. Jika Anda sedang berada di Kalimantan, alangkah baiknya jika Anda bisa mengunjungi masjid ini. Yang juga menarik dari masjid ini adalah, dengan berbagai kesan arsitektur maupun desain yang ada, ketika memasukinya maka pengunjung bisa merasakan aura zaman kuno sebagaimana dulu masjid itu di bangun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *