Masjid Syuhada Lamgugob

Masjid Syuhada Lamgugob terletak di Jln. T. Lamgugob, Desa Lamgugob, Kecamatan Syiah Kuala, Kabupaten Banda Aceh, Provinsi Nangroe Aceh Darussalam. Masjid ini menjadi salah satu masjid di Kota Banda Aceh yang memiliki desain yang bisa dibilang “megah”. Ada prestasi yang paling membanggakan yang diraih oleh Masjid Syuhada Lamgugob, yaitu menjadi “Masjid paling tertib dan paling bersih se-kota banda Aceh”. Penghargaan tersebut diraih pada tahun 2016 lalu.

Areal parkir yang luas, serta dibangun taman yang nyaman dan bersih semakin memberi kenyamanan bagi para jamaah yang ingin sekedar beristirahat. Seluruh bagian bangunannya selalu terawat, sangat bersih, dan nyaman bagi siapapun pengunjung yang datang. Pada awalnya memang masjid ini sempat dirancang untuk meniru dari desain Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, namun kemudian pembangunannya bahkan melenceng dari rancangan yang dibuat.

masjid syuhada

Arsitektural Masjid Syuhada Lamgugob, Banda Aceh

Jika dilihat secara sekilas, bangunan masjid ini dibangun dengan dinding tinggi, dengan beranda dibagian depan. Kemudian bagian beranda tersebut dibangun dengan beberapa pilar dan juga beberapa lengkungan diatas akses masuknya. Pada bagian atap beranda dilengkapi dengan kubah kecil setengah lingkaran.

Yang unik dari desain masjid ini adalah pada hampir seluruh bagian dinding masjidnya diberikan ukiran-ukiran diatas papan kayu jati dengan motif kubah masjid dan juga beberapa bunga, dan juga beberapa kaligrafi ayat suci Al-Qur’an.

Pada bagian kiri dan kanan masjid terdapat bangunan seperti menara, namun setinggi bangunan utama, dengan 2 kubah berwarna keemasan yang dipasang dibagian puncaknya. Lalu, Kubah Utama berwarna hijau tua, dengan ukuran paling besar dari kubah lainnya dipasang diatas bagian ruangan utama tempat sholat.

Pada bagian depandibuat sebuah pelataran dengan tiang-tiang dengan lengkungan mirip kubah. Masuk kebagian dalam masjid, Mihrab pada masjid ini tidak dibuat menjorok keluar, namun dibuat sebuah ruangan dibagian depan dengan mimbar dari kayu jati yang diletakkan disampingnya. Di mimbar tersebut kita juga bisa melihat ukiran-ukiran khas daerah aceh, dengan dominasi ayat Al-Qur’an dan juga ukiran-ukiran berupa bunga-bunga.

interior masjid syuhada

Bagian Tempat Wudhu dan toilet bisa ditemukan dibagian samping kanan dan kiri masjid tersebut. Bagian selatan khusus untuk pria, dan bagian utara khusus untuk wanita. Pada bagian lantainya dilapisi keramik berwarna gelap, dengan balutan sajadah dari karpet yang empuk.

Meskipun terlihat terbuka jika pintu utama dibuka lebar, masjid ini senantiasa terjaga kebersihan dan kesejukannya, karena selain sejuk dari udara sekitar, masjid ini juga turut memiliki penyejuk udara dibagian dalam.

Masjid Terbersih Se-antero Aceh

Pada bulan Agustus 2016 lalu, Masjid Syuhada Lamgugop berhasil menjadi Masjid Terbersih dan Paling Tertib se-antero Aceh. Memang tidak diragukan lagi bahwa pengurus masjid ini secara disiplin membersihkan keseluruhan bangunan masjid termasuk pada atapnya.

Masjid Syuhada Lamgugob memperoleh hadian berupa uang dan plakat juara pertama sebagai masjid terbersih yang diberikan oleh Hj. Illiza Sa’aduddin Djamal SE, Walikota Banda Aceh pada masa itu. kebersihan pada masjid ini memang sangat terjaga karena ada jadwal tersendiri untuk marbot masjid dalam membersihkan masjid ini.

Namun, kebersihan tersebut juga tidak lepas dari peran jamaah sekitar, yang selalu menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Ruangan terbersih yang bisa dinikmati oleh para pengunjung terleta pada ruang utama sholat. Kebersihan selalu dijaga, agar jamaah yang melakukan ibadah semakin betah untuk berlama-lama didalam masjid.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *