Masjid Taqwa Kota Metro

Masjdi Taqwa terletak di Jln. Letjend Alamsyah Ratu Prawira Negara No.1 , Kempung Imopuro, Kecamatan Metro Pusat, Kota Metro, Provinsi Lampung. Kota Metro sendiri merupakan sebuah Kota Otonom Kedua yang berada di Provinsi Lampung yang sebelumnya menjadi bagian sekaligus ibukota dari Kabupaten Lampung Tengah.

Masjid Taqwa Kota Metro

Di Kota Metro inilah berdiri sebuah masjid megah namun sudah berumur cukup tua yang menjadi Landmark dan kebanggaan untuk masyarakat setempat yang bernama “Masjid Taqwa”. Bangunan masjid yang kita lihat saat ini merupakan hasil dari pembangunan ulang secara total dengan merobohkan bangunan masjid asli dan hanya menyisakan menaranya.

Proses pembangunan yang pada awalnya bertujuan renovasi justru menghasilkan proses pembangunan ulang dengan mrobohkan hampir keseluruhan bangunan utamanya. Hal ini menyebabkan beberapa kontroversi terjadi di kalangan masyarakat sekitar. Apalagi bangunan utama masjid asli sudah tidak tersisa lagi, hal inilah yang disayangkan oleh masyarakat sekitar karena bangunan masjid tersebut memiliki sejarah yang panjang. Namun, kontroversi tersebut terjadi setelah bangunan lama dirobohkan, apa hendak dikata, semuanya sudah hancur, terpaksa bangunan baru harus segera di selesaikan sebagai pengganti tempat beribadah masyarakat sekitar.

interior Masjid Taqwa Kota Metro

Masjid Taqwa yang saat ini bisa kita lihat dengan megahnya, berhadapan langsung dengan Taman Kota Metro, menjadi salah satu masjid termegah se-provinsi Lampung. Pembangunan Masjid super megah ini tentu saja menghabiskan dana yang sangat besar. Anggaran yang dipergunakan untuk pembangunan Masjid Taqwa ini mencapai Rp. 18 miliar dan baru selesai pada bulan Mei 2015. Dengan bangunannya yang besar, masjid ini dapat menampung hingga lebih dari 2.000 jamaah sekaligus. Ukuran bangunan utamanya berdenah persegi dengan ukuran 45 x 45 meter, dan dibangun dengan lantai dua.

Lantai pertama digunakan sebagai ruang sholat utama, sedangkan lantai kedua digunakan sebagai ruangan perpustakaan. Kemudian pada belakang bangunannya dibangun kantor pengurus dengan beberapa sentuhan representatif dan beberapa ruangan yang biasanya digunakan oleh beberapa mahasiswa yang ikut mengurusi masjid ini.

Sejarah masjid Taqwa Kota Metro

Masjid Taqwa Kota Metro didirikan pertama kali pada tanggal 21 Juli 1967 dan dibangun secara mandiri oleh masyarakat islam di Kabupaten Lampung Tengah.  Pada saat itu Masjid Taqwa diresmikan oleh Menteri Agama Republik Indonesia, KH. Ahmad Dahlan, pada tanggal 23 Mei 1969. Sebenarnya, renovasi yang beberapa kali dilakukan teptap mempertahankan bentuk awalnya, untuk menghargai semua pihak yang berjasa terhadap pembangunan masjid tersebut.

Pada tanggal 27 Januari 2004, H. A Sajoeti selaku Ketua Yayasan Dakwah dan Pemeliharan Masjid Taqwa menyerahkan pemeliharaan Masjid Taqwa kepada Pemerintah Kota Metro. Inilah yang menjadi awal kontroversi yang terjadi, disaat pemerintah berkeputusan untuk membangun ulang Masjid Taqwa tersebut secara keseluruhan.

Akhirnya pada bulan Maret 2013, Pemerintah Kota Metro mencanangkan proyek pembangunan ulang terhadap Masjid Taqwa ini. Meskipun menuai beragam kontroversi, namun pembangunan masjid akhirnya berlangsung selama 2 tahun dan diresmikan penggunaannya pertama kali oleh Menteri Agama Republik Indonesia, Lukman Hakim Saifuddin pada tanggal 09 Mei 2015. Peresmian tersebut juga dilakukan pembukaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an ke-44 yang berada di Kota Metro, Provinsi Lampung.

Dalam sambutan Menteri Agama pada saat itu, beberapa semangat juga turut di berikan kepada masyarakat agar tidak menyesali apa yang sudah terjadi. Kemudian mengambil hikmah, serta lebih memanfaatkan fungsi masjid ini sebagai tempat pendidikan dan ibadah untuk masyarakat sekitar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *