Masjid Taqwa, Tanjung Karang Bandar Lampung

Di Jalan Kotaraja No 1 Tanjung Karang Kota Bandar Lampung Provinsi Lampung terdapat sebuah bangunan masjid yang megah dan selalu ramai setiap harinya. Masjid tersebut bernama masjid Taqwa. Lokasi dari masjid tersebut pun terbilang  strategis karena berada di sisi jalan raya yang sealu ramai dilewati oleh kendaraan dan juga orang-orang yang melewatinya. Berada di Tanjung Karang yang merupakan sebuah kota di Lampung dan merupakan tempat berakhir dan bermula perjalanan kereta api yang menuju ke Stasiun Besar. Selain itu, Tanjung Karang juga digabungkan dengan Teluk Betung yang menjadi ibukota provinsi Lampung dengan nama kotta yang baru menjadi kota madya Bandar Lampung yang sekarang sudah terkenal.

Masjid Taqwa, Tanjung Karang Bandar Lampung

Dan lokasi masjid Taqwa itulah berada hanya beberapa meter saja dari gerbang stasiun besar kereta api Tanjung Karang. Bangunan masjid tersebut termasuk tua dengan bentuk yang megah dan luas. Karena masjid Taqwa merupakan bangunan yang sudah tua, maka bangunan masjid itu pun di lakukan renovasi perbaikan agar tetap dapat difungsikan sebagai tempat beribadah. Selain itu, agar bangunan tersebut juga masih dapat dirawat mengingat usia dari pembangunan masjid Taqwa yang sudah dilakukan sejak dahulu. Perbaikan masjid tersebt sudah dimulai pada bulan suci Ramadhan tepatnya di bulan September 2010 lalu. Meskipun pada saat itu sedang dilangsungkan perbaikan masjid, namun masjid Taqwa masih difungsikan untuk berjamaah para muslim setempat.

Lokasinya yang tidak jauh dari Stasuin Besar Kereta Api Tanjun Karang, kubah masjid Taqwa pun dapat terlihat dari sana. Kubah tersebut pun terlihat bersama dengan menara masjid yang cukup menjulang tinggi dari bagian gerbang stasiun kereta api tersebut. Jadi bagi para penumpang yang menggunakan kereta api maka dapat menyempatkan waktunya untuk melaksanakan ibadah shalat di masjid Taqwa. Terlebih setelah bangunan masjid Taqwa selesai direnovasi, tampilan dari fisik masjid tersebut pun semakin terlihat sangat indah, menarik dan cantik. Sehingga para penumpang atau siapapun yang melewati masjid tersebut pasti merasa tertarik untuk singgah ke masjid Taqwa.

menara Masjid Taqwa, Tanjung Karang Bandar Lampung

Di masjid Taqwa tak hanya difungsikan sebagai tempat beribadah umat muslim saja, tetapi disana juga sangat penuh dengan berbagai aktivitas lainya. Di mulai dengan aktivitas sosial hingga keagamaan, masjid Taqwa begitu padat oleh beragam kegiatan yang tersedia disana. Bahkan masjid Taqwa sudah memiliki koperasi sendiri yang dinamakan Koperasi MasjidTaqwa dan sudah memiliki hukum dengan nomor 62/BH/KDK.7.4/VII/II/99. Tak sedikit dari anggota koperasi masjid Taqwa yang ikut serta dalam kegiatan itu.

Selain koperasi masjid, masjid Taqwa juga menyediakan balai pengobatan Taqwa, Perguran Diniyah Taqwa yang mengelola pendidikan dari Taman Pendidika Al-Qur’an dan Madrasah Diniyah. Juga Taman Kanak-Kanak Diniyah, Madrasah Diniyah Awaliyah, Madrasah Diniyah Wustho dan Madrasah Diniyah Ulya. Semua kegiatan tersebut berada di bawah naungan Yayasan Taqwa. Maka tak heran sejak siang hingga menjelang maghrib pun aktivitas di masjid Taqwa begitu penuh dan ramai oleh berbagai anak-anak yang menuntut ilmu disana.

Bangunan masjid Taqwa desainnya seperti rumah tradisional Sumatera Selatan dengan dua lantai, pada bagian tangga untuk enuju lantai dua dibangun di depan masjid yang menghadap langsung ke jalan Kotaraja.  Bangunan masjid Taqwa yang baru tersebut didominasi oleh warna hijau uda yang terkesan begitu segar dan cerah diantara hiruk pikuk dan padatnya suasana di jalan raya dan wilayah tersebut. ditambah deggan kubah masjid yang cukup besar dan sebuah menara yang menujulang tinggi berada di sisi masjid Taqwa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *