Masjid Termahal Di Indonesia

Indonesia bukanlah Negara islam, akan tetapi memiliki jumlah warga Negara muslim yang terbesar di dunia. Bahkan sampai mengalahkan jumlah dari Negara – Negara Arab. Dengan demikian ada banyak tempat beribadah umat islam yang dibangun di Indonesia. Ada beragam model bangunan yang ada di Indonesia.

Di Indonesia, bangunan tempat beribadah ini selalu mengalami peningkatan jumlahnya. Sekitar satu juta masjid yang telah berada sekarang ini, banyak masjid yang akan dikelola ulang bahkan dibangun ulang untuk merenovasi nya. Bahkan ada pula masjid – masjid yang dalam pembangunannya mencapai ratusan juta bahkan puluhan milyar.

Masjid – masjid Termahal

Berikut ini adalah beberapa bangunan masjid yang menghabiskan biaya fantastic dalam pembangunannya.

  • Masjid Soko Tunggal, di Purwokerto ( Jawa Tengah )

masjid soko tunggal

Masjid ini telah berdiri mulai abad ke 13, tepatnya tahun 1288. Masjid ini berdiri dilokasi yang unik yang itu ditengah – tengah hutan pinus yang banyak terdapat binatang kera yang hidup di sana. Masjid Soko Tunggal, nama masjid ini berasal dari bahasa jawa yaitu satu pilar yang artinya hanya ada satu Tuhan yang patut disembah yaitu Allah SWT.

  • Masjid Rahmatan Lil Alamin, di Indramayu ( Jawa Barat )

masjid indramayu

Masjid termegah ini memiliki nama yang sarat akan makna, yaitu rahmat bagi seluruh semesta alam. Masjid Rahmatan Lil Alamin berdiri di tanah Indramayu, yang dibangun oleh universitas Al – Zaytun. Dengan tinggi enam lantai dan mampu menampung jamaah sebanyak 100 ribu orang jamaah.

  • Masjid Istiqlal, di Jakarta ( Jakarta )

masjid istiqlal

Masjid ini adalah termasuk masjid yang paling besar di Indonesia bahkan sampai tingkat Asia Tenggara. Masjid ini berdiri pada tahun 1970an. Diprakarsai oleh Presiden Pertama Republik Indonesia yaitu Ir. Soekarno.

  • Masjid al – Akbar di Surabaya ( Jawa Timur )

masjid surabaya

Masjid ini menghabiskan banyak biaya pembangunan karena gaya arsitektur modernnya, yakni perpaduan warna pada kubah yang dimilikinya. Masjid Surabaya ini memiliki warna kubah yang khas yaitu biru dan hijau yang memberi kesan segar dan sangat sejuk.

  • Masjid Dian Al Mahri, di Depok ( Jawa Barat )

kubah emas

Masjid di Kawasan Depok ini dibangun dengan Kubah yang berbalut emas di setiap sisinya. Tak jarang masjid ini dikenal dengan sebutan masjid Kubah Emas. Dilihat dari ornament kubah yang digunakannya, masjid ini adalah masjid pertama di Indonesia yang termahal karena berbalut emas di setiap sisi kubahnya.

  • Masjid Islamic Center, di Samarinda ( Kalimantan Timur )

masjid indah

Masjid ini adalah masjid yang mengusung tema bangunan masjid Nabawi di Madinah dan masjid artistic di Turki. Berada di dalam masjid ini, seolah – olah berada di kawasan masjid di Arab Saudi. Kental sekali arsitektur islaminya.

  • Masjid Agung An – Nur, di Pekan Baru ( Riau )

Masjid Agung An – Nur ini adalah masjid dengan gaya ala – ala Taj Mahal India, masjid terbesar da juga megah ini adalah salah satu masjid yang menjadi kebanggaan dari masyarakat di sana. Masjid ini ketika malam hari terlihat begitu memukau, karena disekitar kawasan tersebut banyak dihiasi dengan lampu berwarna – warni yang bercahaya.

Nah, itulah beberapa masjid tempat beribadah umat islam yang menghabiskan dana pembangunan yang sangat fantastic karena ukuran bangunannya, seni arsitekturnya hingga kelengkapan ornament lainnya. Tak heran, jika nama – nama masjid diatas termasuk masjid termahal di Indonesia. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *