Masjid Termegah Di Indonesia

Indonesia adalah Negara yang banyak memiliki bangunan tempat ibadah umat islam yang beraneka ragam. Bangunan ini banyak bermunculan di Indonesia seiring dengan banyaknya jumlah pemeluk agama islam di Indonesia. Banyak masjid yang di bangun di Indonesia dengan gaya khas dan arsitektur yang unik. Sehingga banyak yang menjadikan bangunan ini sebagai tempat wisata yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan.

 

Ada banyak masjid megah di berbagai kota di Indonesia. Hampir setiap wilayah mempunyai bangunan masjid yang menjadi ciri khas dari kota tersebut. Tentunya dengan gaya arsitektur unik yang sangat kental dengan nilai – nilai keislamannya. Tak lupa dengan ornament – ornament islam yang indah menghiasi setiap sudut masjidnya.

 

Masjid Megah Indonesia

 

Ada banyak masjid megah yang ada di Indonesia, mungkin banyak dari Anda yang belum mengetahuinya. Berikut ini adalah beberapa bangunan masjid termegah di Indonesia.

 

  • Masjid Agung Kediri, di Kediri ( Jawa Timur )

Masjid ini dibangun pada tahun 1771, dengan luas bangunan mencapai 1,388 meter persegi, diatas lahan 4780 meter persegi. Dengan bangunan yang terdiri dari 3 tingkatan yaitu lahan untuk parkir yag luas, kamar mandi dan wc serta 80 kran air untuk berwudhu. Masjid ini mempunyai menara dengan ukuran tinggi 49 meter. Dilengkapi dengan adanya air mancur di depan bangunannya. Dengan desain arsitektur romawi kuno.

  • Masjid Kubah Emas Dian Al Mahri, di Depok ( Jawa Barat )

kubah emas

Masjid ini adalah masjid termegah karena memiliki kubah yang berbalut dengan emas. Tak jarang kawasan ini digunakan sebagai tempat wisata religi, karena pesona kecantikannya. Masjid ini dibangun oleh seorang pengusaha Banten pada tahun sekitar 2006. Dengan daya tampung jamaah mencapai 20 ribu orang.

  • Masjid Istiqlal, di Jakarta ( Jakarta )

masjid istiqlal

Masjid ini adalah masjid terbesar di Asia Tenggara yang ada di Indonesia. Masjid ini selain digunakan untuk pusat pendidikan keagamaan, syiar agama dan wisata religi. Arsitektur masjid ini adalah kombinasi dari gaya Timur Tengah dan Eropa.

  • Masjid Islamic Center, di Samarinda ( Kalimantan Timur )

masjid indah

Masjid ini memiliki bangunan dengan ukuran 43,5 ribu meter persegi, dengan 7 menara yang tingginya 99 meter. Dengan 1 menara utama, dan 6 menara pelengkapnya.

  • Masjid Raya Baiturrahman, di Aceh ( Nangroe Aceh Darussalam )

masjid aceh

Masjid ini selain untuk tempat beribadah, juga termasuk bangunan yang penuh dengan sejarah. Bangunan masjid ini sudah dibangun mulai kesultanan Aceh sekitar tahun 1612 yang diprakarsai oleh Sultan Iskandar Muda Mahkota Alam. Arsitektur bangunan ini berkiblat pada gaya ala Turki Usmani.

  • Masjid Al – Markaz Al – Islami, di Makassar ( Sulawesi Selatan )

masjid makasar

Masjid ini memiliki ciri khas yaitu lantainya dilapisi oleh batu granit. Dengan gaya arsitektur perpaduan antara Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

  • Masjid Rahmatan Lil – Alamin, di Indramayu ( Jawa Barat )

masjid indramayu

Masjid ini memiliki gaya kontemporer. Dengan desain yang menakjubkan meliputi gaya arsitektur di seluruh dunia.

  • Masjid Agung, di Semarang ( Jawa Tengah )

masjid agung jawa tengah

Masjid ini dibangun dengan gaya arsitektur perpaduan antara Jawa dan Romawi. Bangunan ini memiliki atap yang berbentuk limas khas kejawen dengan kubah di bagian ujungnya. Dan 4 menara disisi – sisinya.

 

Nah, itulah beberapa masjid termegah di Indonesia, masjid megah ini dibangun dengan gaya arsitektur yang sangat mempesona, indah dari setiap sudutnya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *