Ni dia Kubah Masjid Terbesar di Indonesia

Masjid merupakan tempat beribadah umat Muslim yang selain digunakan untuk tempat ibadah juga digunakan untuk melakukan berbagai kegiatan keagamaan. Masjid yang dibangun semenarik mungkin selain untuk mengundang jamaah datang juga digunakan untuk membuat para jamaah nyaman. Seakan berlomba-lomba untuk menarik jamaah datang, banyak masjid-masjid yang dibangun dengan arsitektur megah. Kemegahan bangunan masjid digambarkan  dengan kemegahan bentuk kubah.

Berikut ada beberapa masjid yang memiliki kubah yang menyandang kubah masjid terbesar di Indonesia.

  1. Masjid al-Akbar

masjid al akbar

Masjid ial-Akbar merupakan sebuah masjid yang memiliki kubah besar dengan cat perpaduan biru dan hijau yang memberikan kesan sejuk ketika di dalamnya. Masjid ini terletak di Surabaya. Dan menjadi Masjid yang dikategorikan sebagai masjid terbesar di Indonesia.

  1. Masjid Kubah Emas (Dian al-Mahari)

kubah emas

Pasti anda tidak asing lagi dengan masjid yang satu ini. Masjid yang dibangun oleh seorang pengusaha dari Banten ini memiliki kubah yang megah dan menggunakan lapisan emas murni. Masjid ini disinyalir merupakan masjid termahal di Indonesia. Dan menjadi masjid terbesar di Asia Tenggara.

  1. Masjid Rahatan lil-Alamin

 

masjin megah

Masjid Rahmatan lil alamin merupakan sebuah masjid dengan kubah tunggal yang besar. Masjid ini berada di Indramayu Jawa Barat. Masjid Rahmatan lil Alamin terdiri dari enam lantai dan bisa menampung sampai 100. 000 jamaah. Masjid ini didirikan oleh Universitas al-Zaytun.

  1. Masjid Istiqlal

kubah masjid istiqlal

Anda tentu saja sudah sangat familiar dengan masjid yang cukup tua ini. masjid yang sangat terkenal dengan kemegahannya ini memiliki kubah yang juga tergolong besar. Dengan diprakarsai langsung oleh presiden pertama kita. Masjid ini memiliki arsitektur yang sangat menarik. uniknya lagi masjid Istiqlal diarsitekturi oleh seorang non-muslim. Namun tidak mengurangi esensi dari masjid ini bukan?

  1. Masjid Agung Natuna

masjid natuna

Orang Natuna pasti sudah sangat tahu dengan masjid ini. masjid ini memiliki kubah utama yang cukup besar. Setelah itu disekelilingnya dikelilingi dengan kubah-kubah masjid yang lebih kecil. Masjid ini memiliki area yang cukup luas. berada di pusat kota membuat masjid ini banyak dikunjungi oleh para jamaah.

  1. Masjid ar-Rahman Aceh

masjid aceh

Saat peristiwa tsunami beberapa tahun silam pasti anda juga menjadi saksi ada salah satu masjid di Aceh yang tetap berdiri kokoh tak bergeming diterpa ombak Tsunami. Ya, masjid tersebut adalah masjid ar-Rahman yang pernah di bakar pada masa Penjajahan Belanda. Masjid ini sekarang memiliki tujuh kubah yang megah. Satu kubah besar dan dikelilingi dengan kubah-kubah yang lebih kecil. Menjulangnya kubah membuat masjid ini lebih terkesan gagah dan kokoh.

  1. Masjid Islamic Centre Samarinda

masjid indah

Orang Samarinda pasti sudah tau dengan kemegahan dari masjid ini. masjid yang dibangun dengan kubah dengan jumlah banyak ini juga mempunyai tujuh menara yang menjulang. Arsitektur yang apik membuat masjid ini ikon dari kebesaran Muslim di kota Samarinda.

  1. Masjid Agung Jawa Tengah

masjid agung jawa tengah

Masjid agung ini dibangun dengan arsitektur Jawa yang dilengkapi dengan lima atap khas bangunan Jawa. Menariknya masjid ini juga dilengkapi dengan kubah tunggal yang sangat megah. Penonjolan arsitektur Jawa ini membuat masjid yang berdiri di pusat kota Jawa Tengah terlihat kokoh apik berdiri. Selain itu masjid ini juga mampu menampung banyak jamaah.

Demikian beberapa informasi yang bisa kami berikan tentang masjid-masjid dengan kubah yang besar di Indonesia. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *