Pengertian Kubah Masjid Enamel

Masjid merupakan sebuah rumah ibadah yang juga menjadi ikon kebesaran umat Islam. Sehingga, seringkali masjid dibangun dengan megah guna merepresentasikan jumlah umat islam yang semakin hari semakin meningkatkan di seluruh permukaan bumi.

Selain itu, pembangunan kubah masjid juga berfungsi untuk mempercantik dan memberikan kesan gagah pada masjid. Sehingga menarik perhatian oarng-orang untuk masuk dan beribadah di dalam masjid tersebut. Selain tempat ibadah, masjid juga seringkali digunakan untuk tempat rekreasi karena bentuk masjid yang menarik. sehingga, sekarang di banyak tempat berlomba-lomba untuk membangun masjid dengan arsitektur yang menarik dan unik. Serta bentuk kubah yang besar dan unik pula.

Keunikan yang diaplikasikan pada bentuk kubah tidak lepas dari kekreatifan dan inovasi-inovasi yang diberikan oleh sang arsiktek. Apalagi ditambah dengan semakin maraknya metode baru yang digunakan untuk membuat konstruksi kubah. Diantaranya adalah pembuatan kubah dengan menggunakan metode enamel.

kubah enamel

Apa itu kubah enamel?

Kubah enamel merupakan sebuah kubah masjid yang sama-sama terbuat dari beton, perbedaannya adalah kubah enamel mengandung coating dan porselin. Sehingga lebih kuat terhadap cuaca. Selain itu, kubah ini juga dilengkapi dengan penangkal petir. Sehingga, setinggi apapun kubah, tidak khawatir dengan sambaran petir. Selain itu Kubah enamel juga memiliki beberapa kelebihan diantaranya adalah:

  1. Cocok untuk di daerah tropis

 

Kubah enamel memiliki bahan yang tahan terhadap panas. Sehingga, kubah ini cocok untuk daerah-daerah yang memiliki iklim yang panas namun tidak terlalu panas. Tidak heran jika kita sering menemukan kubah enamel di berbagai masjid di Indonesia.

 

  1. Tahan terhadap cuaca

 

Selain panas, kubah enamel juga tahan terhadap hujan dan juga suhu tinggi. Tidak takut ketika kemarau panjang ataupun takut berlumut saat musim penghujan.

 

  1. Tahan terhadap cat

 

Dibandingkan produk yang lain kubah enamel dinyatakan lebih tahan terhadap cat. Sehingga, kepekatan cat akan tetap terjaga walaupun telah bertahun-tahun. Tentu saja ini membuat pengelola mampu menghemat untuk perawatan.

 

  1. Memiliki harga yang relatif terjangkau

 

Dengan berbagi kualitas di atas. Harga dari kubah ini juga mampu bersaing dengan kubah yang lainnya. Kubah ini memiliki harga yang relatif terjangkau. Sehingga, kubah ini memiliki banyak peminat.

 

  1. Biaya perawatan yang terjangkau

 

Kelebihan satu lagi dari kubah ini adalah biaya perawatan yang relatif terjangkau sehingga anda tidak perlu khawatir dengan biaya perawatan yang mahal.

 

  1. Dilengkapi dengan penangkal petir

 

Satu hal yang tidak boleh terlupakan dan menjadi bagian yang sangat penting dari kubah ini adalah. Dilengkapinya kubah ini dengan anti petir. Kelebihan ini tentu saja tidak dimiliki dengan jenis kubah lain. Selain itu, kita juga tidak perlu khawatir dengan kerusakan akibat petir meskipun setinggi apapun bangunan kubah.

kubah enamel

Demikian sedikit info tentang kubah enamel. Memperindah masjid merupakan bagian dari iman. Dengan menjaga masjid berarti kita menjaga rumah Allah. Karena masjid yang menarik dan mengundang orang-orang untuk masuk ke dalam masjid untuk beribadah merupakan bagian dari dakwah dan semoga Allah menilainya menjadi bagian dari ibadah.

Semoga informasi tentang kubah enamel yang memiliki banyak kelebihan diatas  bermanfaat bagi anda yang sedang melakukan upaya dakwah dengan memperindah masjid. Melakukan segala upaya untuk menjaga masjid agar tetap terlihat indah dan membuat orang untuk tetap nyaman dalam beribadah dan beraktifitas di dalam masjid.  terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *