Trik Cerdas Dalam Memilih Motif Kubah Yang Elegan

Kubah adalah symbol yang tidak pernah luput dari tempat ibadah yang dinamakan masjid. Kubah sudah ada sejak beberapa tahun silam. Arsitektur kubah ini sekarang sudah banyak sekali inovasinya. Ada beragam model dan macamnya. Kubah adalah suatu benda yang amat penting yang sudah menjadi ciri khas dari sebuah masjid.

motif kubah

Kubah tiap masing – masing masjid mempunyai keunikan – keunikan sendiri. Dengan motif gaya ketimuran atau dengan gaya modern. Apapun itu modelnya setiap masjid pastinya mempunyai ciri khusus bahkan cerita dibalik sejarah dari tiap detail arsitekturnya. Bukan hanya motif kubah, bahan kubah untuk masjid haruslah berkualitas dan juga dapat bertahan lama, selain menilai dari tampilan luarnya kualitas dari kubah itu sendiri harus diutamakan.

Memilih Motif Kubah

Sebuah tempat ibadah terlihat indah nan cantik bukan hanya dilihat dari segi bangunannya saja, melainkan juga dari hiasan kubah yang melekat indah diatasnya. Kubah memang sudah mutlak menjadi symbol dari masjid. Ada beragam model dan motif dari kubah ini. Corak dan motif ini juga mempengaruhi keindahan dari tempat ibadah yang dikenal dengan masjid ini. Berikut ini adalah trik untuk Anda dalam memilih kubah masjid.

kubah motif masjid

Yang pertama adalah dari segi warna, untuk daerah pegunungan disarankan menggunakan warna kombinasi hijau – hijau seperti kondisi alam disekitarnya. Untuk daerah pesisir pantai biasanya cenderung pada warna kombinasi putih – putih pada corak kubah masjidnya. Dalam hal ini janga hanya mengutamakan warna saja, akan tetapi juga pertimbangan aka bahan yang digunakan sudah sesuaikah, berkualitas dan harus dipastikan bahan yang digunakan adalah bahan – bahan yang terbaik. Mengingat Indonesia adalah Negara yang beriklim tropis, dengan 2 musim, yaitu musim panas dan juga musim hujan. Kubah masjid yang dibuat nantinya haruslah kokoh dan tahan terhadap segala musim yaitu di musim hujan dan juga musim panas.

Yang kedua adalah dengan memadukan sedikit sentuhan seni budaya dan tradisi masyarakat setempat. Corak dan motif kubah masjid akan nampak selaras jika pembuatannya disesuaikan budaya setempat. Dengan hiasan – hiasan apik yang mendetail misalnya. Biasanya tradisi di suatu tempat ada yang lebih cenderung menyukai satu warna saja, ada juga yang merasa anti dengan warna – warna yang tidak biasanya. Yang ketiga adalah untuk motif yang digunakan bisa disesuaikan sendiri oleh masyarakat setempat sesuai dengan seleranya.

Karena memang daerah Indonesia mempunyai keragaman yang tak terhitung jumlahnya, seni – seni motif yang dibuat boleh bebas dan tak terbatas. Dan yang terakhir adalah setelah semua gambaran motif, corak dan warna kubah sudah tergambar di kepala alangkah baiknya jika melakukan konsultasi pada mereka yang ahli dibidangnya. Yakni kepada kontraktor masjid. Hal ini dilakukan agar hasil produksi dari kubah dapat semaksimal mungkin dan juga kualitasnya yang paling baik. Untuk menentukan hiasan ditiap detailnya pun juga harus dipikirkan agar sesuai dengan harapan dan juga keinginan. Point terakhir ini adalah yang paling penting dari yang lainnya. Karena pertimbangan untuk membuat kubah harus melalui perencanaan yang matang tidak boleh asal – asalan.

Nah, itulah sedikit trik untuk Anda yang ingin memilih motif kubah masjid. Bagi Anda yang ingin mendapatkan kubah masjid dengan harga yang bersahabat Anda bisa menghubungi kami. Kami menyediakan beragam model tipe dan juga jenis serta corak yang bagus, tentunya dengan pilihan – pilihan menarik yang memberikan kesan elegan pada masjid. Tunggu apalagi, segera hubungi, ada penawaran khusus untuk bulan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *